Sebagai orang baru dalam dunia jasa konstruksi, saya telah
membuat 2 (dua) perusahaan jasa konstruksi yang bergerak dalam bidang jasa konsultansi
perencanan dan pengawasan serta membantu beberapa teman membuat perusahaan
konsultan yang semuanya dalam bentuk badan usaha perseroan komaditer atau Commanditaire Vennootschap ( CV ). Dengan
demikian, saya pun mengelola sebuah perusahaan jasa konstruksi yang bergerak
dalam bidang konsultansi perencanaan dan pengawasan . Perusahaan ini baru masuk
tahun ke tiga, dengan berbagai permasalahan baru yang saya temui selama
menjalankan perusahaan ini, sejak pembuatan Akta di Kantor Akta Notaris dan semua
prosedur hingga sampai pada tahap pekerjaan-pekerjaan kualifikasi kecil seperti
Pengadaan Langsung dan Penunjukan Langsung, masalah pajak, hukum konstruksi, dan masalah teknis lainnya.
Secara umum prosedur pembuatan badan usaha perseroan
komaditer atau Commanditaire Vennootschap
( CV ) bidang jasa konsultansi perencanaan dan pengawasan adalah sebagai
berikut :
1.
Mempersiapkan Nama Konsultan
Nama
konsultan disiapkan sekalian dengan kelengkapan lainnya seperti Kop Surat
Perusahaan, Cap Perusahaan, Neraca Perusahaan, KTP Direktur dan wakil direktur,
NPWP Direktur dan Wakil Direktur, Foto setengah badan Direktur. Kelengkapan ini
sebaiknya disiapkan sedini mungkin untuk menghindari pemborosan waktu dalam
pengurusan yang panjang.
2.
Membuat Akta Notaris
Setelah
kelengkapan di atas selesai dan yakin dengan nama yang telah ditentukan, maka
segeralah menuju kantor Notaris terdekat untuk membuat Akta Perusahaan, jangan
lupa membawa berkas penting yang telah disiapkan sebelumnya seperti KTP +
fotokopi KTP Direktur dan wakil direktur yang masih berlaku. Data-data dalam
KTP akan digunakan untuk kebutuhan dalam pembuatan akta tersebut. Akta
perusahaan menjadi sangat sensitif karena mempengaruhi semua yang berkaitan
dengan perusahaan, pembagian harta perusahaan hingga pekerjaan ke depannya.
Tahap
ini selesai dengan disahkannya akta perusahaan di Pengadilan Tinggi Negeri
tempat domisili perusahaan.
3.
Membuat Izin Perusahaan di Pemerintah Kota/Kabupaten
Setelah
membuat akta perusahaan, maka siapkan fotokopi akta perusahaan untuk kebutuhan
izin di Pemerintahan Kota/Kabupaten tempat perusahaan berdomisili. Datanglah ke
Kantor Pemerintahan Kota yang berwenang mengurus izin ini untuk meminta daftar
kelengkapan administrasi perusahaan baru yang harus dilengkapi. Dari sini akan
keluar HO/Izin Gangguan, TDP, TDUP, Fiskal Daerah, SIUJK dan lain sebagainya.
4.
Mengajukan Permohonan PKP di KPP Pratama terdekat dan
Pelaporan Pajak
Datanglah
ke kantor pajak terdekat untuk meminta daftar berkas yang harus dilengkapi
untuk membuat pengajuan Pengusaha Kena Pajak, lalu masukkan untuk diperiksa dan
pihak kantor pajak akan melakukan survey ke kantor tersebut dalam 10 hari kerja
ke depan setelah berkas diterima. Beberapa berkas akan ditolak, untuk
mengetahui lebih jelas mekanisme permohonan PKP silahkan datang ke KPP Pratama
terdekat.
Setelah
PKP diterima oleh KPP Pratama, maka tiap bulan harus melaporkan pajak Pasal
21/26, Pasal 25 dan PPN.
Pengurusan
di bagian ini bisa dijalankan bersamaan dengan pengurusan tahap 5.
5.
Mendaftar Asosiasi dan menentukan SBU
Terdapat
2 ( dua ) asosiasi besar yang bisa kita gabung di dalamnya INKINDO dan
PERKINDO. Secara umum mekanisme penerimaan anggota tiap asosiasi sama hanya
beberapa hal saja yang berbeda, kita hanya perlu membawa berkas-berkas
perizinan seperti HO, SITU dan lain sebagainya serta kelengkapan lainnya yang
telah diurus pada tahap sebelumnya dan langsung mendatangi kantor asosiasi
tersebut untuk mendaftar menjadi anggota. Kita akan dipandu dalam menentukan
SBU.
6.
Selamat bekerja…!
No.999/SMB/PENW/BG-AS/.2021
ReplyDeleteKepada Yth,
Perusahaan Kontraktor Supplier & Jasa lainnya...
DI – TEMPAT
Up : Pimpinan/Finance
From : Zeki Saputra
Parihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi,Asuransi & Jaminan SP2D Dana Akhir Tahun Tanpa Agunan / Non Collateral
Dengan Hormat,
Perkenalkan Kami dari PT.SEKUNDANG MAJU BERSAMA, Adalah Perusahaan (Consultant bank guarantee & Surety Bond) Menawarkan Kerjasama dalam hal Penerbitan BANK GARANSI & Surety Bond , Serta penutupan kontrak lainnya, Dimana Bank Garansi & Asuransi yang kami tawarkan telah diterima diinstansi PEMERINTAH BUMN, SWASTA, PLN,CONOCO,CHEVRON, MABES,TOTAL, PERTAMINA ,DLL dan kami memberikan kemudahan diantaranya...Proses Cepat, Polis Kami Antar, Biaya Kompetitif,Tanpa Agunan/ Non Collateral
Jenis Jaminan Proyek :
1. Jaminan Penawaran/Bid ( Tender) Bond.
2. Jaminan Pelaksanaan/Performance Bond.
3. Jaminan Uang Muka/Advance.
4. Jaminan Pemeliharaan/Maintenance Bond.
5. Jaminan Pembayaran/Paymen Bond
6. Jaminan Penundaan Pembayaran bea masuk (Custom Bond)
7. Jaminan Construction All Risk , SP2D Akhir Tahun dan Jaminan Lainnya.
Jenis-jenis jaminan asuransi (surety bond) yang kami terbitkan antaranya sebagai berikut:
1. PT.ASURANSI ASKRINDO
2. PT.ASURANSI JASINDO
3. PT.ASURANSI ASEI
4. PT.ASURANSI JAMKRINDO
5. PT.ASURANSI SINARMAS
6. PT.ASURANSI ASKRIDA
7. PT.ASURANSI BUMIDA
8. PT.ASURANSI ACA
9. PT.ASURANSI MEGA PRATAMA
10.PT.ASURANSI BOSOWA PERISKOP
11.PT.ASURANSI RAYA
12.PT.ASURANSI BERDIKARI
13.PT.ASURANSI RAMAYANA
14.PT.ASURANSI REKAPITAL,DLL
Jenis-jenis Bank Garansi (Bank Guarantee) Yang Kami Terbitkan antaranya sebagai berikut:
1. BANK MANDIRI
2. BANK BRI
3. BANK BNI
4. BANK BTN
5. BANK BCA
6. BANK SINARMAS
6. BANK BII
7. BANK BUKOPIN
8. BANK EXIM
9. BANK BPD DKI
10.BANK BPD JATIM
11.BANK BPD SUMSEL
12.BANK BPD JAB,DLL
Beberapa Jenis Asuransi Kerugian Umum :
1. Asuransi Pengangkutan
2. Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)
3. Asuransi Pengangkutan Melalui Laut (Marine Cargo)
4. Asuransi Pengangkutan Melalui Darat (Land Cargo)
5. Asuransi Pengangkutan Melalui Udara (Air Cargo)
6. Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)
7. Asuransi Pesawat Terbang (Avition)
8. Asuransi Rekayasa Tehnik (Engineering)
9. Asuransi Kendaraan (Vehicle Insurance)
10.Asuransi Kebakaran (Fire Insurance) Dan Jaminan Asuransi Kerugian Lainnya
Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga dapat menjalin kerjasama dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Best Regard.
ZEKI SAPUTRA
Hormat Kami,
PT. SEKUNDANG MAJU BERSAMA
Jasa – Bank Guarantee & Surety Bond
Office : Jl. Batu Amantis No.19 Rt.08 Rw.10 Kel.Kayu Putih Kec.Pulo Gadung Jakarta - Timur 13210
Hp/ WhatsApp : 0853-6807-2394
Telpon : 021- 2248 3553
Fax : 021- 2248 3543
E- mail : zeki.insurance@gmail.com